Makanan Favorit Saat Lebaran

Hi Reader! Apa hal unik yang selalu kalian kangenin saat Lebaran tiba?



Memang banyak banget hal menarik saat Lebaran yang selalu ditunggu-tunggu. Jawaban dari pertanyaan tadi pun tentunya akan bermacam-macam. Misalnya, beberapa di antara kalian mungkin lebih kangen suasana kumpul-kumpulnya. Ada juga pasti di antara kalian yang lebih kangen dapat angpau Lebaran bener gak?

Kangen apa pun sebenarnya gak salah sih. Namun, kalian pastinya gak bisa menyangkal kalau salah satu hal yang bikin kangen banget saat Lebaran tiba adalah makanan khas Lebaran. Kekayaan kuliner khas Indonesia yang tersaji saat Lebaran pastinya bikin kalian selalu kangen hari raya Idul Fitri. Betul kan der?

Nah, talking about kuliner khas Lebaran, apa aja sih makanan kesukaan yang selalu kalian tunggu-tunggu saat hari raya Idul Fitri? Berikut ini ada beberapa makanan favorit yang pasti bikin kangen Lebaran.

1. Ketupat


Kayaknya nama ketupat dan Lebaran memang nggak bakalan bisa dipisahkan banget deh. Soalnya, makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa ini memang sudah identik banget dengan tradisi Lebaran di Indonesia.

Nah, kalian tau gak nih, ketupat ini dulunya diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga. Ketupat juga punya filosofi yang mendalam, yaitu mencerminkan kesucian hati manusia, meskipun secara lahiriah setiap manusia pasti memiliki kesalahan. Kesucian hati dilambangkan dengan isi ketupat yang putih karena terbuat dari beras, sedangkan kondisi lahiriah manusia digambarkan dengan anyaman pembungkus ketupat. Sadis gak tuh der!

2. Opor Ayam


Makan ketupat pakai opor ayam? Duh, nikmat betul. Apalagi kalau makannya sambil kumpul-kumpul sama keluarga. Masakan bumbu kuning khas Indonesia ini memang enak banget disantap dengan potongan ketupat atau nasi panas.



Oh iya, gak cuma ketupat aja loh yang punya filosofi tinggi. Opor ayam ini ternyata juga punya makna tersendiri. Santan atau “santen” dalam bahasa Jawa adalah salah satu bahan dasar opor ayam. Nama “santen” ini dianggap memiliki kaitan dengan istilah bahasa Jawa lainnya yaitu “pangapunten” atau “maaf”.

Jadi, makna penyajian opor ayam di hari Lebaran ini ada kaitannya dengan permohonan maaf lahir dan batin.

3. Nastar


Kue isi nanas atau nastar adalah salah satu kue yang paling banyak dihidangkan saat Lebaran tiba. Asal usul penamaan kue nastar sendiri berasal dari Belanda, yaitu merupakan gabungan dari “ananas” dan “tart”. Kue dengan isi selai nanas ini sekarang sudah banyak dikreasikan menjadi berbagai bentuk, di antaranya adalah bentuk bulat, keranjang, maupun bentuk seperti daun atau bunga. Dirumah kalian biasanya dibentuk jadi apa der?

4. Kue Putri Salju


Siapa sih yang gak tahu kue putri salju? Kalau gak tau kalian kurang jalan-jalan der!


Kue yang “dibedakin” dengan gula bubuk putih ini memang memiliki rasa yang lezat sehingga sering jadi favorit saat Lebaran, terutama untuk anak-anak. Dahulunya, kue ini lebih sering ditemui dengan bentuk bulan sabit. Namun, sekarang bentuk kue putri salju mulai bermacam-macam. Penyajiannya juga makin nikmat jika diiringi dengan secangkir kopi atau teh panas. Sadessss!

5. Kastengel


Kastengel juga menjadi salah satu makanan ringan yang hampir selalu ada setiap kali merayakan Lebaran. Kue kering ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju yang membuatnya memiliki rasa gurih.

Biasanya makanan ini juga menjadi pilihan untuk diletakkan di ruang tamu. Ketika keluarga atau teman ada yang datang ke rumah untuk bersilaturahmi, kastengel menjadi suguhan yang hampir selalu ada di setiap rumah.

Meskipun kalian gak mudik, tapi kalian tetap bisa menghadirkan suasana Lebaran dengan menghidangkan beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas. Sudah siap menyambut Hari Kemenangan? Selamat Lebaran ya buat kalian Reader!
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post